Membagikan Informasi Kesehatan Teraktual

Bayi Baru Lahir Berhasil Transplantasi Sel Hati Dan Pertama di Dunia

Bayi Baru Lahir Berhasil Transplantasi Sel Hati Dan Pertama di Dunia – Dunia kesegaran udah begitu maju, sehingga bayi baru lahir bisa mendapat pertolongan sedini mungkin untuk gangguan yang ia bawa sejak lahir. Seperti yang berlangsung di Jepang, seorang bayi mendapat transplantasi sel hati di umur yang begitu muda.

Bayi Baru Lahir Berhasil Transplantasi Sel Hati Dan Pertama di Dunia

Bayi Baru Lahir Berhasil Transplantasi Sel Hati Dan Pertama di Dunia

Menyadur Rappler, bayi yang tak diumumkan jenis kelaminnya ini baru berusia enam hari dikala mendapat suntikan sel hati untuk pertama kali. Ia terlahir bersama gangguan siklus urea, di mana hatinya tidak bisa memecah amonia beracun.

Idealnya, seorang bayi baru bisa mendapat transplantasi hati sehabis miliki berat sekitar 6 kg atau pada umur 3 sampai 5 bulan.

Sembari menanti waktu yang tepat, dokter di Pusat Nasional untuk Kesehatan dan Pengembangan Anak mencoba tehnik yang disebut ‘perawatan jembatan’ bersama menyuntikkan 190 juta sel hati yang berasal dari sel induk embrionik (sel ES) ke didalam pembuluh darah hati bayi.

Setelah perawatan, pasien tidak menyaksikan peningkatan konsentrasi amonia darah dan bisa selesaikan penyembuhan berikutnya, yakni transplantasi hati, kata instansi itu didalam siaran pers.

Bayi ini terima transplantasi hati dari ayahnya dan dipulangkan dari rumah sakit 6 bulan sehabis kelahirannya.

“Keberhasilan uji coba ini menunjukkan keamanan didalam uji klinis pertama di dunia manfaatkan sel ES manusia untuk pasien bersama penyakit hati,” kata instansi itu.

Ia mencatat bahwa di Eropa dan Amerika Serikat, sel hati kerap ada sehabis dikeluarkan dari donor yang mati otak, tapi pasokan di Jepang lebih terbatas.

Situasi itu menciptakan kesusahan didalam mengelola kesegaran anak kecil dikala mereka menanti untuk tumbuh memadai besar untuk transplantasi hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *